FIS-UNESA

Perkuliahan Luar Kelas S1 PPKn di Desa Adat Panglipuran dan Desa Adat Tenganan

Beraneka ragamnya agama, budaya, dan adat di Indonesia menambah kekayaan kita akan pengetahuan kebudayaan Bhinneka Tunggal Ika. Bagaimana bila agama, budaya, dan adat jadi satu desa. Maka dari itu Prodi S1 PPKn mengadakan Perkuliahan Luar Kelas dengan mata kuliah Pendidikan Multikultur di Desa Adat Panglipuran dan Desa Adat Tenganan, Bali. Suatu desa klasik dengan berbagai macam agama, budaya, dan adat menjadi satu kesatuan yang hidup berdampingan tanpa adanya gesekan, pertengkaran maupun kecemburuan sosial.

    

CIVIC EDUCATION FAIR 2014, PRODI S1 PPKn, SEMINAR, LOMBA ESSAY, PAMERAN

Acara ini digelar atas inisiatif dari mahasiswa Prodi S1 PPKn Angkatan 2011. Acara ini rutin digelar tiap semester tentunya akan berlanjut bagi angkatan selanjutnya, peruntukannya bagi seluruh mahasiswa Prodi S1 PPKn. Berbagai macam yang ditampilkan pada acara ini antara lain : Seminar PPKn Kurikulum 2013 oleh Bapak Dr. Harmanto, M.Pd, Lomba Pidato & Essay, Pameran Produk Mahasiswa dan Dosen. Mahasiswa sangat antusias menyambutnya karena ini adalah hasil tugas maupun penelitian dari mahasiswa. Salah satu yang paling diminati adalah pada saat pameran karena disini terdapat bentuk-bentuk media pembelajaran pendidikan yang baru,unik dan lain dari yang lain.

Seminar Dr. Harmanto, M.Pd.          

     

 

PPKn

 

Visi dan Misi

Program Studi S1 PPKn

Fakultas Ilmu Sosial - Unesa

 

Visi :

Menjadikan Program Studi PPKn yang unggul dalam bidang akademik, untuk menghasilkan lulusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang profesional, bermoral, demoikratis.

 Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan pendidik Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mempunyai pedagogik, keilmuan, kepribadian, dan sosial.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkaitan dengan nilai, moral, hukum, politik, sosial budaya, dan pembelajaran yang mendukung pengembangan laboratorium demokrasi dan kewarganegaraan (nation and character building).
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis pada penelitian yang berkaitan dengan nilai, moral, hukum, politik, sosial budaya, dan pembelejaran.
  4. Menjalkin kerjasama dan kemitraan dengan stakeholder, diantaranya dengan alumni, sekolah mitra, LPTK, dan lembaga-lembaga lainnya dalam rangka meningkatkan mutu lulusan dan menjamin kesesuaian lulusan dengan kebutuhan.

 

 Tujuan :

  1. Menghasilkan guru Pendidikan Kewarganegaraan yang menguasai bidang keilmuan dan praktik pembelajaran PKn sesuai dengan standar kompetensi dan tuntutan pasar kerja.
  2. Menghasilkan calon guru Pendidikan Kewarganegaraan yang bermoral, demokratis, inovatif, sehingga bisa menjadi suri atuladan bagi peserta didik dan orang lain.
  3. Menghasilkan penelitian yang berkaitan dengan nilai, moral, hukum, politik, sosial, budaya dan pembelajaran yang mendukung laboratorium demokrasi dan Pendidikan kewarganegaraan.
  4. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan model Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya untuk membangun karakter bangsa (national and character building).
  5. Mengembangkan mekanisme penyelenggaraan program studi yang demokratis, akuntabel, dan transparan dengan didasarkan pada profesionalitas, keadilan, religius, dan penjaminan mutu lulusan.
  6. mengembangkan komunikasi dan kerjasama dengan stakeholders secara aktif dan kontinyu dalam rangka pengembangan prodi.

WORKSHOP KURIKULUM 2013 PRODI S1 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN NARASUMBER BAPAK Dr. HARMANTO, M.Pd.

Tak mau ketinggalan juga salah satu prodi pencetak Guru khususnya PKn yaitu Prodi S1 PPKn juga punya gawe yaitu Workshop Kurikulum 2013 dengan narasumber Bapak Dr. Harmanto, M.Pd.  

    

 

 

TELAH DIBUKA KEMBALI PERPUSTAKAAN JURUSAN PMP-KN

Akhirnya dibuka lagi, celetuk salah seorang mahasiswa Jurusan PMP-KN. Setelah 1,5 tahun menunggu renovasi gedung perpustakaan dan gedung perkuliahan Fakultas Ilmu Sosial. Lebih tepat dikatakan sebagai ruang baca melihat luas yang tidak begitu besar, tetapi mahasiswa tetap menyebut sebagai perpustakaan. Meskipun terbilang kecil namun mahasiswa sangat gembira dan antusias untuk mengunjunginya.

Antusias ini dapat dilihat dengan kunjungan setiap harinya dalam buku pengunjung rata-rata 70 mahasiswa. Terbilang kecil karena PMP-KN terdapat 4 prodi yaitu : S1 PPKn, D-III Adm Negara, S1 Ilmu Adm Negara, S1 Ilmu Hukum dan mempunyai sekitar 3000an koleksi buku dan maupun karya llmiah baik dosen dan mahasiswa. Dengan suasana yang semakin indah, sejuk dan asri membuat mahasiswa semakin betah dan ingin berlama-lama di Perpustakaan Jurusan PMP-KN. Bravo PMP-KN !

 

 

 

DIALOG DEWAN LEGISLATIF MAHASISWA JURUSAN PMP-KN

Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) mengadakan dialog Jurusan yang bertemakan "Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Aspirasi Mahasiswa". Dialog ini bertujuan agar komunikasi antara Pimpinan Jurusan maupun Prodi, DLM dan Mahasiswa dapat terjaga dan saling bertukar pendapat dalam segala hal, yaitu mengenai sarana dan prasarana yang ada di Jurusan PMP-KN. Baik DLM, BEM maupun Mahasiswa diharapkan peran sertanya dalam menjaga sarana dan prasarana serta fasilitas yang ada.

NAMA DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN MORAL PANCASILA DAN KEWARGA NEGARAAN

Daftar Nama Dosen

Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarga Negaraan

Fakultas Ilmu Sosial - Universitas Negeri Surabaya

 

(klik pada gambar untuk tampil lebih jelas)